Prosedur Mengurus Surat Tanda Resgistrasi (STR) Tenaga Gizi


Sekedar berbagi informasi mengenai prosedur mengambil sertifikat kompetensi dan mengurus STR tenaga gizi. Pengambilan sertifikat kompetensi tidak harus pada tanggal yang ditentukan, dan pengambilannya dapat diwakilkan dengan melampirkan surat kuasa, tetapi untuk pengurusan STR harus dilakukan sendiri (tidak boleh diwakilkan). Pengambilan sertifikat kompetensi dan pengurusan STR dilakukan di dua tempat yang berbeda di Surabaya dengan jarak yang cukup jauh, jadi perlu benar-benar dipersiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan agar tidak bolak-balik atau terhambat dalam pengurusannya. Berikut prosedurnya:

PENGAMBILAN SERTIFIKAT KOMPETENSI AHLI GIZI

Sertifikat kompetensi ahli gizi dapat diambil di MTKP (Majelis Tenaga Kesehatan Propinsi) Jawa Timur yang bertempat di Jl. A. Yani 118, Surabaya (Dinas Kesehatan). Pengambilan sertifikat dapat diwakilkan (kebetulan saya juga diwakilkan) dengan melampirkan surat kuasa bermaterai 6.000, kartu peserta ujian kompetensi, dan foto bewarna atau hitam putih 1 lembar (jumlahnya agak lupa).

  1. Masuk ke kantor MTKP, serahkan seluruh berkas, tunggu hingga sertifikat diberikan
  2. Fotokopi sertifikat sebanyak 5 kali
  3. Legalisir kopian sertifikat
  4. Selesai
  • Pengambilan sertifikat dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 5.000,-
  • Sertifikat tidak harus diambil sesuai dengan jadwal. Jadwal hanya membantu memudahkan panitia dalam mengurus sertifikat.

Setelah selesai, kita akan mendapat sertifikat beserta kopian+legalisir nya seperti ini:

PENGURUSAN SURAT TANDA REGISTRASI

Setelah mendapat sertifikat kompetensi, kita bisa langsung lanjut mengurus STR di gedung P2T (Pelayanan Perizinan Terpadu) atau yang lebih dikenal dengan gedung kuning yang terdapat di Jl. Pahlawan 116, Surabaya. Pengurusan STR tidak bisa diwakilkan dan dapat diurus kapanpun (tidak ada batasan waktu).

Yang harus disiapkan dan dilampirkan dalam mengurus STR:

  • 1 lembar salinan (kopian) sertifikat kompetensi yang telah dilegalisir
  • 1 lembar surat keterangan sehat. Pastikan surat keterangan sehat diperoleh dari instansi pemerintah (puskesmas, rumah sakit, poliklinik) seperti yang disyaratkan oleh P2T. Ada beberapa teman yang harus mengurus ulang surat keterangan sehat karena: tidak ada stempel instansi kesehatan, tidak dicantumkan SIP. dokter. Sebaiknya jangan mengurus di dokter praktek mandiri.
  • 1 lembar salinan ijazah yang dilegalisir
  • 1 lembar salinan transkrip nilai yang dilegalisir
  • 2 lembar foto 3×4 hitam putih (walau pada akhirnya hanya digunakan satu saja)
  • 2 lembar foto 4×6 hitam putih
  • 1 buah materai 6.000

Sebenarnya pengurusan STR tidak ribet, hanya butuh kesabaran karena menunggu agak lama. Prosedurnya:

  1. Masuk pintu sebelah kiri, kita akan diberi 2 lembar kertas yakni formulir pengurusan STR dan lembar angket pelayanan
  2. Masuk ke ruangan inti, Isi formulir dengan lengkap, tempel foto 3×4, 4×6, dan materai sesuai tempat yang disediakan.
  3. Ambil nomor antrian
  4. Tunggu hingga dipanggil untuk ke loket A (isi angket, dan masukkan ke kotak di depan loket ‘legalisir’ sembari menunggu panggilan)
  5. Setelah dipanggil, serahkan semua berkas yang telah disiapkan, petugas loket A akan memeriksa (dengan teliti) semua berkas
  6. Tunggu kembali untuk mengambil STR di loket C (dengan nomer antrian yang sama)
  7. Setelah dipanggil, ambil STR di loket C. PERIKSA  KEMBALI STR Anda, ada beberapa kasus kesalahan penulisan jenis tenaga, nomor sertifikat, dll
  8. Isi Identitas di buku yang disediakan di loket, dan tunggu kembali, STR dalam proses legalisir
  9. Setelah dipanggil (untuk yang ketiga dan terakhir kalinya), ambil STR dan salinan legalisirnya di loket B.
  10. Selesai

Begini nih penampakan STR:

Pelayanan di kantor P2T serta fasilitas yang disediakan sudah baik, termasuk penyediaan map merah secara GRATIS, hehe… :D

Fin.. masih bingung? monggo tanya-tanya :D

About these ads

27 thoughts on “Prosedur Mengurus Surat Tanda Resgistrasi (STR) Tenaga Gizi

  1. Masa berlakuny 5 taun y kis? Beneran deh transkripku yg legalisiran gak ada.. :’( brati hrs ngurus lg ya? Mksh y infonya..km bkn surat ketrgn sehat dmn?

    • Iya Rain, tiap 5 tahun kita ujian n perbarui sertifikat + str nya :D
      Jadi ndak ada legalisirnya? Berarti kamu kudu ngurus ke FK dulu dong? :(
      Aku bikin surat keterangan sehatnya di poli UB, Rain..

  2. sebelumnya makasiihh buat infonya ya kiswah :))
    infonya sangat bermanfaat banget buat aq.
    hmm, ujian kompetensi yang dimaksud disitu apa ya?
    trus kok pake kartu peserta ujian kompetensi?
    kalo di kampusku kemaren kog ga pake gtu2an ya?? hehehe..
    makasiiihh ya kiswah, kalo bisa di reply secepatnya :)

    • Sama samaa :)

      Ujian kompetensi ini yg diadain sama MTKP Jawa Timur. Dan biasanya diadakan di surabaya. Nah, kalo ikut ujian ini pasti dapet kartu pesertanya :D

      Kalo setauku ujian kompetensi ini emang baru di jatim aja, temanku yg di luar jatim bisa langsung ngurus STR tanpa kudu ujian…

  3. saya Lulusan D-III Gizi Poltekkes Depkes Medan tahun 2009, sampai saat ini Belum mempunyai STR,
    saya bermaksud mengurusnya, tapi saya bigung hendak mengurus kemana. jika tidak mempunyai sertifikat kompetensi apa bisa ????
    mohon bantuannya….

    • Di Jawa Timur, untuk memperoleh sertifikat kompetensi harus mengikuti ujian kompetensi terlebih dahulu yang dikoordinir oleh PERSAGI JATIM.

      Tapi teman saya yang di Kalimantan mengatakan bahwa untuk mendapat STR cukup ke kantor PERSAGI daerah setempat. Mungki mbak Rosdiana bisa menanyakan langsung ke PERSAGI di daerah mbak Rosdiana :)

  4. Mbak kiswah.. sebelumnya terimakasii mbk infonya :D
    klo, pndaftarannya UK nya itu melalui kampus apa qt langsung ksana mbak? n soal2 UK itu seputar dunia gizi gt y mbak?? makasii mbak..

    • hmm.. kurang tau detil jamnya, kemungkinan besar sama seperti jam kantor pada umumnya.
      atau mungkin bisa langsung menghubungi kantor P2T di 031 3577691-031 3577692 :)

  5. Persyratan wat pengambilan sertifikat nya apa aja ya mbak…..?agak linglung nih mbak, tolong info ny ya…. setelah itu kita ngurus apa lagi ya……?

    • persyaratan untuk mengambil sertifikat uji kompetensi sudah saya jabarkan di atas, insyaAllaah gak ada hal lain yang diperlukan :)

      setelah ambil sertidikat bisa ngurus Surat Tanda Registrasi, seperti yang sudah saya tulis di postingan ini :)

    • maaf ya baru bales, saya kurang tau bagaimana prosedurnya kalo kartu pesertanya hilang, mungkin coba langsung ke tempatnya saja, seharusnya mereka masih punya database peserta ujiannya ^^

  6. Mbaak kiswah ini rully gz2009 katanya kakak2 tingkat angkatanku skg ga bs ikut ujian kompetensi mbk..alias harus ikut profesi dulu apa benar kayak gtu ya mbk..makasii

    • waduh, aku sendiri kurang tau kalo itu, rullyyy…
      coba kamu tanya langsung aja ke mereka :D

      tapi setauku ga semuanya ikutan RD, jadi -mungkin- kebijakan itu belum sepenuhnya diterapkan :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s